Arda Turan Ingin Raih Trofi Liga Champions Bersama Barca

arda turan

Belum ada satu pun klub yang berhasil mempertahankan trofi Liga Champions (dulunya European Cup) sejak kali terakhir dilakukan AC Milan pada 1989 dan 1990. Mampukah Barcelona meraihnya musim ini?

Semenjak berganti format menjadi Liga Champions tahun 1992 silam, tidak ada satu tim yang mampu menjadi kampiun dalam dua tahun berturut-turut. Maka dari itu, bila Azulgrana kembali berkuasa musim ini, mereka menjadi tim yang pertama melakukannya sejak 24 tahun silam.

Punggawa anyar Barca, Arda Turan, menyatakan bila target mempertahankan titel Liga Champions merupakan satu hal yang seringkali dibicarakan di ruang ganti tim. Los Cules amat termotivasi jadi jawara di turnamen antarklub kasta tertinggi Eropa tersebut.

“Seluruh elemen di dalam im berharap bisa meraih gelar Liga Champions kedua kali beruntun,” ujar Turan kepada Marca.

“Pembicaraan itu sangat dominan di ruang ganti dan itulah yang paling memotivasi para pemain. Kami bertekad jadi tim pertama yang mampu mempertahankan gelar juara Liga Champions.”

Musim lalu Lionel Messi dan kawan-kawan mengunci titel juara usai mengalahkan Juventus di final dengan skor akhir 3-1.

Total sudah lima gelar European Cup/Liga Champions yang dikoleksi raksasa Katalan. Sebelumnya mereka sudah meraihnya pada 1992, 2006, 2009, dan 2011.

Turan sendiri masih belum merasakan atmosfer laga puncak Liga Champions. Tahun 2014 silam kala bekas klubnya, Atletico Madrid, bermain di final melawan Real Madrid, ia absen akibat cedera.

“Saya menangis saat kami kalah di final menghadapi Real Madrid. Saya tak pernah melihat ujung dari pertandingan tersebut. Saya tak tahu, mungkin saja kami menang bila saya bermain, atau biasa saja hasil bisa lebih buruk saat saya berada di sana.”