City Satu-satunya Harapan Inggris di Liga Champions

manchester city

Dari empat kontestan asal Inggris yang bersaing di Liga Champions, tiga di antaranya sudah tersingkir. Manchester City jadi satu-satunya peserta Inggris yang lolos ke babak 8 besar.

Manchester United merupakan klub Inggris yang terdepak dari Liga Champions musim 2015-2016. Setan Merah gagal lolos dari penyisihan grup setelah finis di tempat ketiga sehingga turun ke Liga Europa.

Dari tiga peserta Inggris yang melangkah ke perdelapan final, Chelsea merupakan tim pertama yang tersingkir. The Blues kalah agregat kalah agregat dari Paris Saint-Germain 2-4.

Lalu Arsenal Arsenal yang bersua jawara bertahan di perdelapan final pun mengalami nasib serupa. Tim Gudang Peluru gagal lolos karena kalah agregat telak 1-5.

Dan wakil Inggris tersisa di turnamen paling elite antarklub Eropa ini hanya City. The Citizens sukses mengunci tiket ke 8 besar setelah mendapak Dynamo Kiev dengan agregat 3-1. Ini merupakan kali pertama bagi City menjejakkan kaki di perempat final.

Kiprah para wakil Inggris musim ini sejatinya masih lebih baik daripada musim ini. Di edisi sebelumnya, tidak ada satu pun klub Inggris lolos ke 8 besar.

Arsitek Barcelona, Luis Enrique, mengomentari anjloknya prestasi klub Inggris di UCL. Menurut Enrique, dengan harga transfer selangit yang dibuat oleh raksasa Premier League, harusnya mereka berbicara lebih banyak.

“Mereka tak meraih hasil yang seharusnya mereka raih dengan kedalaman skuat yang mereka punya dan transfer pemain yang mereka lakukan,” ujar Enrique di Football Espana.

“Saya kaget ini pertama kalinya Manchester City sampai ke babak 8 besar,” katanya.

“Ini fakta yang perlu dianalisa, namun membutuhkan banyak data serta waktu untuk melakukannya,” tutur Enrique.