Lebih Mudah Menangi Pertandingan Bersama Messi

lionel messi

Manajer kondang Jose Mourinho mengatakan Lionel Messi membuat tiap tim yang ia bela jadi lebih gampang merengkuh kemenangan. Namun satu hal, menurut Mourinho yang terpenting adalah tim, bukan individu.

Semenjak menjalani debut perdana di Barcelona tahun 2004 silam, Messi menjemal sebagai monster bagi para lawan-lawannya. Saat ini penyerang berjuluk La Pulga merupakan top skorer sepanjang masa Los Cules dengan 448 gol dari 518 pertandingan.

Dan selama periode itu, Messi sudah menjuarai 26 gelar bergengsi, mulai dari tujuh trofi La Liga sampai empat gelar Liga Champions. Dua kali striker asal Argentina itu membawa Barca meraih treble winners.

“Yang pertama, ini soal pemain-pemain individu. Contohnya saja, Messi memenangi Liga Champions bersama tiga pelatih berbeda,” ujar Mourinho dalam wawancara dengan BT Sport.

“Saya rasa akan lebih gampang bermain bersamanya ketimbang menghadapinya. Saya merupakan seorang pelatih sepakbola. Saya tahu jika terkadang orang merasa jika individu lebih penting daripada tim,” lanjutnya.

“Akan tetapi saat saya merasakan hal itu, maka itulah saatnya saya harus mengambil istirahat permanen. Saya masih merasa jika tim lebih utama ketimbang hal apapun. Namun faktanya memang ada beberapa pemain yang mampu memberi perbedaan,” kata dia.

Pria asal Portugal ini sementara masih menganggur usai bercerai dengan Chelasea pada akhir tahun lalu. Musim depan kemungkinan dia akan mulai melatih lagi dan kemungkinan besar dia akan bergabung ke Manchester United.