Messi Sebut Rijkaard Pelatih Penting Dalam Kariernya

lionel messi

Memang tidak banyak manajer yang punya kesempatan melatih Lionel Messi. Namun bila terdapat satu orang yang paling berperan dalam sepak terjang bintang Barcelona dan Argentina itu, Frank Rijkaard lah orangnya.

Tidak diragukan lagi Messi adalah pemain terbaik dunia sekarang ini selain Cristiano Ronaldo. Sejumlah gelar prestisius dia rengkuh di level klub ataupun tim. Contohnya saja lima penghargaan Ballon d’Or sukses diamankan pemain berusia 28 tahun itu.

Barca bisa dikatakan merajai persepakbolaan dunia dalam kurun waktu 10 tahun terakhir berkat peran besar La Pulga lewat rangkaian gol dan aksi di atas lapangan, hingga selalu membawa kemenangan untuk Azulgrana.

Oleh karena itu, apabila ada satu orang yang layak diberi apresiasi besar atas raihan Messi dan juga Barca saat ini, maka orang tersebut tak lain adalah Rijkaard.

Di tahun 2004 silam, pria internasional Belanda itu memberi kesempatan debut bagi Messi yang masih berumur 17 tahun serta menjadi pemain termuda ketiga dalam sejarah klub yang menjalani debut.

Usai melakoni debut resmi 17 Oktober 2004 kontra, momen-momen indah kemudian dirangkai Messi bersama raksasa Katalan itu hingga sekarang.

“Saya selalu memiliki kesan positif dari para mantan pelatih, namun pelatih paling penting dalam perjalanan karier saya adalah Rijkaard,” ujar Messi kepada MBC seperti dikutip Soccerway.

“Apabila dia tak memutuskan membawa saya berlatih di tim inti dan bermain, mungkin saya takkan pernah bisa bermain di tim utama,” sambungnya.

“Selalu selalu berkata hal serupa tentang itu (Rijkaard), dia merupakan pelatih terpenting bagi saya karena kepercayaannya pada saya.”

“Dia yang membawa saya bergabung di tim utama,” tutupnya.