Valencia Jeblok, Bukan Salah Neville Semata

gary neville

Gary Neville didepak setelah hasil buruk yang diterima Valencia selama era kepelatihannya. Tapi salah seorang petinggi El Che menganggap jika itu semua bukan salah Neville semata.

Didapuk sebagai suksesor Nuno Espirito Santo, Neville tidak bisa memenuhi ekspetasi mengantarkan Valencia bertarung di papan atas klasemen. Ia pun cuma bertahan empat bulan sebelum kemarin didepak.

Dalam 28 laga yang dilewati Valencia bersama Neville, mereka hanya meraih 10 kemenagnan, 7 imbang dan 10 kali menelan kekalahan, membuat mantan punggawa Manchester United itu menjadi manajer dengan rata-rata kemenangan terburuk sepanjang sejarah klub dengan 37,1 persen saja.

Cuma tiga kemenangan di La Liga, posisi Valencia turun ke urutan 14 klasemen dengan perolehan angka 34 dan selisih 20 angka dari Villarreal di tempat keempat atau pos terakhir zona Liga Champions.

Tak pelak pihak manajemen klub kemudian hilang kesabaran sehingga mendepak Neville. Kendati begitu, seluruh kesalahan tidak bisa sepenuhnya ditumpahkan kepada Valencia atas performa buruk. Kesalahan menjadi tanggung jawab semua pihak, termasuk juga pemain.

“Saya harus berterima kasih kepada Gary dan jajaran pelatih atas semangaat serta kerja keras mereka. Hasil-hasil yang diraih tidak sepenuhnya menjadi tanggung jawab mereka, namun juga menjadi tanggung jawab banyak orang,” ujar Direktur Olahraga Klub Jesus Garcia Pitarch seperti dikutip Sky Sports.

“Kami memiliki waktu yang cukup untuk memeriksa situasi yang kami alami dan kami harus menyelesaikannya,” sambungnya.

Untuk sementara nanti, tempat Neville bakal ditempati oleh asisten pelatihnya Pako Ayestaran sampai musim ini berakhir.