5 Fakta Menarik Soal Liga Champions

liga champions

Semenjak digelarnya Liga Champions, tercatat baru lima klub di Benua Biru yang berhak menyimpan piala asli Liga Champions selama beberapa bulan. Klub-klub tersebut ialah Real Madrid, Ajax, Bayern Munchen, AC Milan dan Liverpool.

Hal tersebut berdasar pada aturan UEFA, dimana sejak turnamen Liga Champions musim1968-1969, klub yang memenangi turnamen itu lima kali atau tiga kali beruntun berhak menyimpan trofi asli Liga Champions untuk koleksi galeri klub selama beberapa waktu.

Lalu aturan baru pada musim 2000/2001 klub-klub yang sukses di Liga Champions menerima Badge of Honour’ (BoH), yang diperuntukan pada klub yang telah memenangi banyak gelar dari Madrid, Ajax, Bayern Munchen, AC Milan, Liverpool, dan Barcelona.

Disamping fakta di atas, berikut ini 5 fakta menarik tentang trofi Liga Champions yang belum banyak kita tahu :

1. Real Madrid merupakan klub Eropa pertama yang menyimpan gelar asli Liga Champions tepatnya tahun 1967.

2. Ajax menjadi kampiun UCL untuk tiga kali beruntun era 70-an dan menjadi klub pertama yang menerima prestasi sejak trofi di desain ulang tahun 1967.

3. Liga Champions dibawah UEFA sempat mengalami perombakan besar-besaran dari sisi kompetisi. Era baru Liga Champions dimulai tahun 1992-1993 dan Marseille jadi klub pertama yang menjuarai titel di era Liga Champions yang baru.

4. Klub terakhir yang berhak menyimpan piala asli Liga Champions selama beberapa bulan dan menerima replika permanen yakni The Reds, Liverpool pada tahun 2005.

5. Trofi Liga Champions mempunyai tinggi 73,5 cm dan lebar 46,5 cm. “Si Telinga Besar” ini juga memiliki bobot 7,5 kg. Sebagai sponsor resmi, Heineken membawa trofi Liga Champions untuk berkeliling dunia dan dijadwalkan ke Asia Tenggara dan Brazil tahun ini.