Villarreal Pastikan Tampil di Liga Champions Musim Depan

villarreal

Villarreal bakal mewakili Spanyol di pentas Liga Champions musim depan. Klub berjuluk The Yellow Submarine itu sudah memastikan diri finis di peringkat keempat La Liga musim ini.

Mereka memastikan hal itu setelah dengan dingin membungkam Valencia dua gol tanpa balas di Mestalla, Senin (2/5/2016) dinihari WIB. Dua gol Villarreal dibukukan oleh Samu pada menit ke-14 dan Adrian di menit ke-33.

Seperti yang dicatatkan Opta, itu mereka kemenangan perdana Villarreal pada kancah liga di Mestalla sejak sembilan tahun silam.

Villarreal kini menempati posisi keempat di klasemen sementara La Liga dengan perolehan 64 poin dari 36 pertandingan. Tim besutan Marcelino itu unggul enam poin atas Athletic Bilbao yang berada di posisi kelima.

Dengan dua laga tersisa, Bilbao sejatinya masih memiliki kesempatan untuk menyamai angka Villarreal. Tapi sayangnya Bilbao kalah head to head dari Villarreal sehingga mereka berhak menyegel posisi empat. Villarreal menyusul Barcelona, Atletico Madrid, dan Real Madrid yang sudah lolos terlebih dahulu ke turnamen paling eliter antarklub Eropa itu.

Kali terakhir Villarreal bertarung di UCL ialah musim 2008/2009 silam, ketika mereka dilempar Arsenal dari babak perempatfinal. Sesudahnya, mereka empat kali ikut serta di Liga Europa.

Prestasi terbaik Tim Kapal Selam di Liga Champions ialah ketika mencapai babak empat besar pada musim 2005/2006. Ketika itu mereka yang masih ditukangi Manuel Pellegrini juga disingkirkan oleh Arsenal.

Musim depan, Villarreal bakal mengawali perjalanan di Liga Champions melalui babak playoff. Namun mereka bisa langsung mencapai fase grup jika bisa menjadi jawara Liga Europa musim ini. Villarreal sudah sampai ke semifinal dan sementara unggul agregat 1-0 atas Liverpool.