Leicester Juara Liga Primer Inggris 2015-2016

Leicester City resmi mengangkat trofi juara Liga Primer Inggris. Mereka harus menanti waktu yang teramat lama untuk mencicipi gelar perdananya di kasta tertinggi kompetisi Inggris.

Titel juara Liga Primer Inggris musim ini dipastikan jatuh ke tangan Leicester. Hasil seri 2-2 yang diraih Tottenham Hotspur kala melawan Chelsea, Selasa (3/5/2016) dinihari WIB, sudah cukup memastikan The Foxes juara.

Leicester menyegel gelar tersebut dengan dua pertandingan sisa. Usai melewati 36 laga, pasukan armada Claudio Ranieri mengkoleksi 77 angka dengan rincian 22 kali menang, 22 imbang dan hanya tiga kali menelan kekalahan. Mereka terpaut tujuh poin dari Spurs.

Ini merupakan gelar juara liga pertama bagi Leicester. Jauh sebelum ini, prestasi terbaik mereka hanyalah menjadi runner up liga itu pun musim 1928/1929 silam.

Leicester adalah juara kasta kedua liga Inggris (Divisi Championship) sebanyak tujuh kali yang terakhir didapat pada musim 2013/2014. Sedangkan di divisi tiga, mereka sempat juara satu kali.

Tim berjuluk Si Rubah menjadi kampiun untuk kali pertama usai 48 musim tampil di level tertinggi Liga Inggris. Seperti yang dicatatkan Gracenote, Leicester memecahkan rekor Derbu County yang melalui 46 musim sebelum mengangkat trofi jawara liga pertama mereka pada 1971/1972.

Dengan catatan plus kesuksesan Leicester musim ini, Liga Primer Inggris melahirkan juara anyar usai lebih dari tiga setengah dekade. Kali terakhir Liga Inggris dimenangi oleh sebuah tim yang baru pertama kali juara ialah 1977/1978 ketika Nottingham Forest keluar sebagai kampiun.