Jan Oblak Gagal Catatkan Rekor

jan oblak

Hasil negatif dari markas Levante tidak hanya menutup peluang juara Atletico Madrid. Sepasang gol yang masuk ke jala Atletico memaksa Jan Oblak gagal menorehkan rekor anyar.

Atletico harus kalah ketika bertandang ke markas Levante di Estadio Ciudad de Valencia, Minggu (8/5/2016) malam WIB. Tim besutan Diego Simeone tersebut kandas 1-2 dari tuan rumah.

Hasilnya, kekalahan itu sekaligus memupus harapan Atletico untuk memenangi gelar juara La Liga setelah mengkoleksi 85 angka. Walau berjarak tiga poin dari Barcelona dengan tersisa satu laga, mereka sudah kalah head-to-head dari Barca setelah takluk 1-2 baik kandang maupun tandang musim ini.

Seperti yang dilansir oleh Marca, hasil itu juga memaksa Oblak gagal memecahkan rekor kebobolan paling sedikit sepanjang musim di La Liga. Penjaga gawang 23 tahun itu cuma bisa menyamai torehan yang dibuat Francisco Liano kala masih membela Deportivo La Coruna pada 1993/1994.

Dua gol yang masuk ke gawang Ateltico membuat Oblak telah kejebolan 18 gol dari 37 laga. Sedangkan rekor yang dikemas Liano ialah 18 gol dalam 38 pertandingan.

Walau begitu, Oblak masih berada di baris terdepan untuk merengkuh penghargaan trofi Ricardo Zamora di akhir musim. Dengan rasio kebobolan 0,49 gol per pertandingan, rival terdekat Oblak ialah Claudio Bravo (Barcelona) yang punya rasio 0,69 (22 gol dari 32 pertandingan).