Hummels Sayangkan Sikap Buruk Fans

mats hummels

 

Akhir-akhir ini suporter sepakbola di Jerman melakukan rangkaian tindakan buruk. Hal tersebut juga turut disoroti oleh palang pintu Bayern Munich dan timnas Jerman, Mats Hummels.

Di satu bulan belakangan fans-fans sepakbola di Jerman memperlihatkan kebuasannya. Pada akhir pekan pertama Februari kemarin, fans Dortmund melancarkan serangan beberapa saat sebelum pertandingan kontra RB Leipzig.

Lalu sepekan berikutnya, sikap tak terpuji kembali terjadi. Kali ini manajer Die Roten, Carlo Ancelotti, yang jadi korbannya. Manajer asal Italia tersebut diludahi oleh fans Herta Berlin dalam pertandingan yang berkesudahan 1-1.

“Sepertinya ada kejadian meningkatnya kekerasan dan penghinaan terhadap pemain,” kata Hummels kepada Sport Bild.

“Fans terlihat ingin selalu melampiaskan rasa frustasi dan kemarahan mereka kepada pemain dan pelatih. Hal itulah yang membuat mereka menghina bahkan sampai meludahi pelatih,” sambungnya.

“Penghinaan pemain dan meludah ke pelatih merupakan perilaku yang sangat buruk. Anda tidak bisa keluar dan berjalan di sekitar kota dengan meludahi maupun mengolok-olok orang-orang.”

“Secara umum, sikap fans memperlakukan pemain sudah jauh lebih buruk dalam sembilan atau sepuluh musim terakhir. Namun pada akhirnya kami harus berurusan dengan hal semacam itu,” keluh pemain 28 tahun itu.