Fokus Lolos 8 Besar, Barca Tak Pikirkan Sejarah

luis enrique

Barcelona punya kesempatan mengukir sejarah bila mampu menyingkirkan Paris Saint-Germain. Akan tetapi, konsentrasi utama Los Cules hanyalah lolos ke perempatfinal.

Los Cules berada di depan gerbang eliminasi seusai tumbang 0-4 di kandang PSG dalam laga pertemuan pertama babak 16 besar. Ini berarti Barca wajib meraih kemenangan minimal lima gol ketika giliran menjamu Les Parisiens di leg kedua yang berlangsung di Camp Nou, Kamis (9/3/2017) dinihari WIB.

Target comeback itu dihadang oleh sebuah rekor buruk. Hingga detik ini belum ada satupun tim yang mampu melaju lolos usai tumbang 0-4 di turnamen Eropa apapun.

Manajer Blaugrana Luis Enrique masih menyimpan asa. Akan tetapi kelolosan bakal penting untuk memberi dampak psikologis bagi rival-rival Barca.

“Saya tak punya memiliki impian untuk masuk dalam bagian dari sejarah,” lugas Enrique sebagaimana dikutip FourFourTwo. “Namun saya optimis kami bakal mendapat banyak kesempatan.”

“Memang hal tersebut bukan berarti hal tersebut pasti bakal terjadi, namun saya rasa kami mampu mendekat dan mengangkat moral lebih jauh, yang mampu memengaruhi rival-rival kami.”

“Saya tak merasa bila kami perlu memainkan permainan terbaik semenjak saya berada di sini. Kami tentu harus tampil baik dan amat efektif. Namun hal tersebut juga bergantung pada jalannya laga.”

Adu penalti merupakan satu kemungkinan yang dihadapi anak asuhnya. Enrique menyebut tidak masalah.

‘Penalti ketika menjalani sesi latihan tak seperti penalti di sebuah laga krusial. Kami tidak berlatih penalti. Saya tak cemas soal penalti,” imbuh Enrique.