Mourinho: Ada Yang Salah Dengan Pemain Modern

Jose Mourinho dikenal sebagai sosok yang tegas dan memiliki keyakinan besar jika diri nya akan mensuksesan klub yang dia tangani. Terlepas dari itu, Jose juga dikenal sebagai sosok pelatih yang kerap dilabel sebagai pelatih kontroversi dengan sindiran-sindiran pedas nya ke berbagai pihak.

Terbaru yang menarik dari Jose adalah ketika dia mengklaim bahwa pemain modern saat ini terlalu diberikan kebebasan atau dalam artian di manjakan perihal soal kontrak masa depan. Ungkapan itu sontak memberikan tanda tanya besar terkait status nya sebagai manajer baru Manchester United.

Meski demikian, ungkapan Jose itu tidak memiliki pengaruh besar akan reputasi nya sebagai salah satu pelatih terbaik dunia. Dalam perjalanan karir nya, Jose sudah meraih banyak kesuksesan bersama FC Porto, Chelsea, Inter, Real Madrid dan Manchester United.

Mengamati perkembangan sekarang, Jose mangaku akan merubah cara melatih nya seiring banyak perubahan dalam status dari pemain muda. Disamping itu Jose berani membandingkan jika pemain dengan tingkat kedewasaan seperti Frank Lampard mustahil untuk muncul kembali.

“Saya pikir harus ada perubahan dalam diri saya, saya harus melihat apa yang terjadi sekarang. Dan kebutuhan pemain muda sudah sangat berbeda, untuk itulah saya harus melakukan perubahan,” ungkap Jose kepada media.

“Disini harus ada perbedaan antara rekanan dengan pekerja yang sudah diperlihatkan Frank Lampard, yang di usia 23 tahun tapi sudah dewasa dalam hal bekerja dan profesionalisme. Dan para pemain zaman sekarang di usia yang sama masih seperti bocah,”

“Untuk sekarang saya memanggil mereka bocah. Karena saya pikir mereka cukup bandel dan segala yang berada di sekitar mereka tak begitu membantu dalam hidup mereka sendiri atau pekerjaan saya. Maka saya harus menyesuaikan,”

“Mundur sepuluh tahun terakhir, ketika para pemain tidak ada yang menggunakan telepon genggam di ruang ganti. Itu bukan lagi kasus. Tapi Anda harus menghadapinya, karena jika Anda tak sepakat maka akan ada konflik dan Anda membawa diri sendiri ke zaman purba,”

Sedikit catatan karir Jose yang dimulai dari sebuah klub kecil bernama Vitoria de Setubal pada awal 1990 dan sejak saat itu telah berpindah-pindah sebanyak delapan kali termasuk kembali mengarsiteki The Blues dalam satu bos yang sama.