Tim-Tim Inggris Yang Lolos Ke Turnamen Eropa Musim Depan

arsenal vs everton

 

Sejumlah tim yang bakal menjadi kandidat Inggris di turnamen Eropa musim depan telah terpilih. Kali ini ada sedikit perubahan menyusul kegagalan Arsenal untuk lolos ke Liga Champions yang pertama kalinya dalam 21 tahun.

Dalam pertandingan terakhir Liga Inggris 2016/2017, masih ada rivalitas untuk memperebutkan 2 tiket lolos ke Liga Champions musim depan. Sejatinya ada 3 klub yang berpotensi finis 4 besar (batas akhir zona Liga Champions), di antaranya yakni Manchester City, Liverpool, serta Arsenal.

Di sisi lain, The Citizens dengan The Reds memang lebih diuntungkan untuk merebut posisi 4 besar lantaran keduanya mendominasi dalam hal total poin. Hasil imbang saja sudah cukup untuk City mengamankan tiket lolos Liga Champions, sedangkan Liverpool harus menang dalam pertandingannya. Namun untuk Arsenal, The Gunners harus memenangkan pertandingan terakhirnya dan juga berharap kedua rivalnya menelan kalah.

Partai pamungkas yang berlangsung kemarin malam lantas memutuskan bahwa City dengan Liverpool, yang sama-sama berhasil menang, berbarengan Chelsea serta Tottenham Hotspur akan berkompetisi di Liga Champions musim depan. Arsenal, yang juga berhasil menang, mesti menerima fakta pahit bahwa mereka tersisih ke Liga Europa.

Selain Arsenal, ada pula Everton yang akan ikut dalam Liga Europa musim depan. Finis di peringkat 7 klasemen, Everton berhak memperoleh tiket Liga Europa dari jatah Manchester United yang memuncaki Piala Liga Inggris. ‘Setan Merah’ sendiri dipastikan akan lolos ke Liga Europa mengingat mereka finis di peringkat 6 serta memperoleh jatah dari pemuncak Piala FA — yang mana kedua finalisnya (Arsenal dengan Chelsea) telah dipastikan lolos duluan ke turnamen Eropa.

Khusus untuk Man Utd, mereka belum pasti akan bermain di kompetisi mana musim depan. Pasalnya, kalau The Red Devils bisa menjuarai Liga Europa, Wayne Rooney dkk. berhak maju ke Liga Champions. Namun, apabila kalah dari Ajax Amsterdam di partai final, alhasil mereka akan berkompetisi di Liga Europa bersama Everton dengan Arsenal.

Tim-Tim Inggris di Turnamen Eropa Musim Depan:

Liga Champions
Chelsea – juara Premier League
Tottenham Hotspur – peringkat 2
Manchester City – peringkat 3
Liverpool – Peringkat 4
Manchester United – kalau berhasil menjuarai Liga Europa

Liga Europa
Arsenal – peringkat 5
Everton – dengan jatah dari juara Piala Liga Inggris
Manchester United – dengan jatah juara Piala FA (kalau gagal menjuarai Liga Europa)