Sneijder Menyamai Rekor Van der Sar Di Timnas Belanda

Sneijder

 

Wesley Sneijder mampu menyamai rekor Edwin van der Sar dalam timnas Belanda. Sejauh ini, hanya Sneijder dengan Van der Sar yang menyandang rekor total penampilan terbanyak bersama De Oranje.

Sneijder turut berkontribusi dalam kemenangan Belanda 5-0 atas Pantai Gading di pertandingan friendly yang berlangsung di De Kuip Stadion, Rotterdam, Senin (5/6/2017). Pemain tengah 32 tahun itu bermain sebagai pemain pengganti di menit 70 untuk menggantikan Davy Klaassen.

Sneijer memang tak menyumbangkan gol maupun assit dalam perduelan itu. Tapi, setidaknya ia bisa menyamai pencapaian Van der Sar dengan total penampilan terbanyak di timnas Belanda, yaitu 130 penampilan.

“Van der Sar nyaris menginjak 40 tahun, saya nyaris 33 tahun,” ucap Sneijder seperti yang dilansir dari salah satu media.

“Ini betul-betul hal yang luar biasa. Ini merupakan sesuatu yang amat spesial bisa menyamai torehan Van der Sar. Penjaga gawang secara umum tampil lebih lama ketimbang pemain lain, alhasil sedikit lebih gampang buat seorang kiper mencatatkan torehan itu,” lanjutnya.

Sneijder juga menegaskan pencapaian ini ke publik yang terus mengkritik performanya. Sedari hengkang dari Inter Milan, pesepakbola yang saat ini berkiprah di Galatasaray itu dianggap telah mengalami penurunan.

“Saya memang mengetahui kalau ada sejumlah orang yang mengkritik saya, namun saya tak meresponnya dengan serius… Dan saya kira publik Belanda lainnya merasakan hal yang serupa terkait sejumlah kritikan itu,” kata Sneijder.

“Mereka mesti melakukan apapun yang mereka mau. Saya kira mereka cuma iri. Kritikan tersebut justru menyemati saya untuk terus bergerak maju dan saya mau tampil sebanyak mungkin memperbesar torehan ini,” ujarnya.

Sneijder sendiri mengawal karier internasional dengan senior timnas Belanda di 2003 silam. Jika ditotalkan, dia telah mengabdi selama 14 tahun kepada negerinya itu. Di sisi lain, Van der Sar mengabdi selama 13 tahun sedari 1995 hingga 2008.