Inter Milan Pernah Dekati Lionel Messi Dengan Harga ‘Wow’

lionel messi-barcelona

 

Inter Milan dulunya sempat mencoba merekrut pemain top Barcelona, Lionel Messi. Ketika itu, Inter malah sudah siap membawa pulang si pemain dengan penawaran fantastis. Kejadian itu diklaim sendiri oleh eks Chairman Barca.

Messi memang menjadi ikon Blaugrana dalam sepakbola Liga Spanyol. Di sepanjang kariernya bersama klub Catalan itu, dia sudah membukukan 5 Ballon d’Or, 8 gelar juara La Liga, serta 4 gelar Liga Champions.

Namun, riwayatnya bersama Barcelona itu pun mungkin saja berbeda lantaran sebelumnya Inter sempat mendekati si pemain. Nerazzurri malah sudah siap memboyong Messi dengan menuntaskan klausul penjualan.

“Hal itu terjadi di tahun 2006 saat Inter memberikan sebuah tawaran superior,” ungkap Joan Laporta, Chairman Barcelona di era 2003-2010, kepada salah satu media.

“Mereka bersiap menebus klausul penjualannya sekitar 150 juta euro (Rp 2,23 triliun) dikarenakan itulah kenapa kami (lalu) menaikkan biayanya menjadi 250 juta euro (Rp 3,72 triliun), namun saya tidak pernah khawatir berkat relasi baik saya dengan ayahnya, Jorge.

“Saya katakan ke dia, ‘Mereka memang ingin menebus klausul itu lantaran saya tidak berencana melepaskannya. (Namun) Dia akan senang di sini, dia akan sukses. Di sana dia hanya akan sukses dari segi finansial. Anakmu ditakdirkan menjadi yang terbaik dalam sejarah dan di sini ia mempunyai tim untuk membantunya menuju ke sana. Dia bakal menikmati momennya di sini’,” ucap Laporta menirukan pernyataannya kala itu.

Laporta juga tidak yakin kalau pesepakbola berkebangsaan Argentina itu merupakan pemain terbaik dunia yang pernah ada. Menurutnya, Messi seperti kombinasi dari Johan Cruyff serta Diego Maradona.

“Saya amat Cruyffista, namun apa yang dilakukan Leo — dan saya kerap membahaskan ini bersama Johan — sudah menjadikannya yang terbaik di sepanjang masa. Johan pun dulu mengatakan seperti itu,” ujar Laporta.

“Sepakbola Messi indah serta efektif. Bagi saya, yang terbaik di sepanjang masa yakni Cruyff, Maradona, serta Messi. Leo merupakan kombinasi dari Cruyff dan Maradona, namun dia tetaplah seorang Lionel Messi,” tandasnya.