Soal Taktik Baru Conte, Ini Jawaban Azpilicueta?

Chelsea berhasil kembali ke jati diri yang sebenarnya sebagai juara bertahan Premier League Inggris usai menghakimi Tottenham Hotspur 2-1 di Wembley Stadium dalam lanjutan pekan kedua Liga Primer akhir pekan kemarin. Menanggapi hasil itu, Cesar Azpilicueta angkat bicara.

Akan tetapi bukan dari hasil akhir laga, Azpilicueta lebih menjelaskan mengenai penggunaan formasi anyar di kubu The Blues. Azpilicueta menganggap perubahan formasi itu adalah langkah baik Chelsea untuk mengunci hasil akhir dan perubahan itu adalah keputusan yang sangat jenius dari sosok Antonio Conte.

Sepanjang paruh musim kedua di kompetisi 2016/17 kemarin, Chelsea berubah formasi menjadi skema tiga bek dan Conte hanya menyisahkan satu penyerang lubang dilini depan. Menariknya disini, ketika Conte memutuskan menarik Luiz lebih ke depan untuk menjadi gelandang bertahanan sementara Willian diplot menjadi striker untuk membantu Alvaro Morata.

Azpilicueta pun menyadari jika timnya masih membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan skema baru tersebut, sepanjang pertandingan Chelsea terlihat sedikit masih ragu untuk bisa melepaskan serangan demi serangan. Meski begitu, The Blues mampu mengatasi semua serangan-serangan Hotspur.

“Sistem baru ini sudah kami pelajari sepanjang latihan, tidak ada yang sulit. INi berjalan lancar, namun kami masih membutuhkan waktu untuk benar-benar menjadi sempurna,” buka Azpilicueta dalam situs resmi Chelsea.

“Pelatih memutuskan untuk menggunakan formasi itu. Kami membutuhkan kemenangan dan kami bekerja sangat keras untuk meraihnya dan kami sangat senang bisa mengakhiri pertandingan dengan kemenangan.” Azpilicueta mengakhiri.

Tak berhenti sampai di Hotspur, akhir pekan ini Chelsea sudah dinantikan lawan yang sama berat. Mereka adalah Everton yang sukses menahan imbang 1-1 Manchester City di Etihad, kedua tim akan bermain pada hari Minggu, 27 Agustus 2017 di Stamford Bridge, London.