Wasit Asal Argentina Ini Siap Tampil di Laga Pembuka Piala Dunia 2018

Wasit Piala Dunia 2018

Rusia Vs Arab Saudi akan menjadi laga pembuka Piala Dunia 2018 yang akan terjadi pada hari Kamis, 14 Juni 2018 di Stadion Luzhniki, Moskow. Patut menjadi informasi tambahan, bahwa FIFA telah menunjuk wasit asal Argentina, Nestor Pitana, untuk memimpin jalannya pertandingan tersebut.

Pitana merasa sangat terhormat bisa mendapat kepercayaan untuk tampil di laga pembuka Piala Dunia. Dirinya pun siap untuk memberikan keputusan yang terbaik di partai perdana Grup A bersama dua rekannya di sisi lapangan, Juan Pablo Bellati dan Hernan Maidana.

Sementara wasit keempat akan dipimpin oleh Sandro Ricci yang berasal dari Brasil. Sejauh ini, Pitana sudah mencatatkan dua kali mendapat kepercayaan memimpin pertandingan Piala Dunia. Catatan ini sama dengan pendahulunya yang bernama Norberto Coerezza yang mendapat kepercayaan memimpin pertandingan di Piala Dunia 1970 dan Piala Dunia 1978.

Record Pitana

Wasit Piala Dunia 2018

Ketika berbicara perihal pengalaman Pitana, maka jawaban yang pas untuk satu ini adalah sudah layak memimpin pertandingan besar sekelas Piala Dunia. Berdasarkan data yang ada, wasit berusia 42 tahun ini merupakan satu di antara wasit berpengalaman di Amerika Selatan.

Untuk pertama kalinya, Pitana mendapat kepercayaan untuk memimpin pertandingan di liga Argentina tahun 2007 dan tiga tahun berselang memimpin laga internasional pertamanya. Pencapaian terbaiknya adalah menjadi pengadil lapangan sebanyak empat kali di ajang Piala Dunia 2014 Brasil.

Wasit Untuk Piala Dunia 2018

Wasit Piala Dunia 2018

FIFA selaku Federasi Sepakbola Dunia telah merilis 36 wasit yang akan bertugas memimpin jalannya pertandingan Piala Dunia 2018. Seperti yang sudah diketahui banyak dunia, di Piala Dunia Rusia nanti, para wasit terbaik ini akan dibantu oleh Teknologi pintar bernama VAR (Video Assistant Referee) mulai dari awal hingga ke babak final.

Menariknya disini adalah ketika asisten wasit pertandingan yang bertugas dipinggir lapangan diberikan instruksi khusus dari Komite Wasit FIFA untuk tidak mudah mengangkat bendera Offside agar menambah daya tarik penonton terhadap pertandingan yang sedang berlangsung.

Bisa diartikan disini bahwa instruksi tersebut agar VAR menunjukan perannya sebagai pembantu wasit utama dalam mengeluarkan keputusan, dan VAR sendiri bisa dilakukan pengecekan dalam format video.