Juve Juara Supercoppa, Kapten Milan Kritik Wasit

By | 17/01/2019

Juventus baru saja memastikan diri sebagai juara Supercoppa Italiana 2018 usai mengalahkan AC Milan 1-0 di King Abdullah Stadium, Arab Saudi pada hari kamis kemarin. Dari kepastian ini, tentunya banyak menarik hal positif dan negatif, termasuk hal negatif yang datang dari kapten AC Milan, Alessio Romagnoli.

Terlihat bahwa sang kapten tidak puas dengan hasil yang ada, dan terlebih khusus kesal dengan kepemimpinan wasit pada laga final Supercoppa Italiana. Romagnoli membeberkan alasannya bahwa ada beberapa keputusan yang tidak sesuai dengan stadart pertandingan.

Wasit yang memimpin adalah Luca Banti, yang dikenal sebagai salah satu wasit terbaik Italia yang sukses memimpin banyak pertandingan-pertandingan besar termasuk Piala Dunia. Adapun skor tipis 1-0 tersebut dihasilkan oleh Cristiano Ronaldo pada menit ke-61 melalui sundulan memanfaatkan umpan dari Miralem Pjanic.

Romagnoli menambahkan jika dirinya sangat kesal ketika wasit mengeluarkan kartu merah kepada Franck Kessie. Pemain berusia 22 tahun tersebut mendapat kartu merah langsung karena dianggap melakukan pelanggaran keras kepada Emre Can.

Menurut pandangan Romagnoli, pelanggaran itu masih terbilang standart dan tidak perlu mengeluarkan kartu merah karena setelah itu, permainan Milan menurun, sehingga tidak bisa mengimbangi permainan Juventus.

“Cara dia mengeluarkan kartu merah langsung tidak bisa kami terima, dalam permainan standart jelas memberatkan karena kami sangat dirugikan. Jika saya sebagai kapten mendapat kartu karena protes, maka itu sungguh menjengkelkan,” demikian pernyataan Romagnoli.

Tak berhenti sampai disitu saja, protes Romagnoli terus berlanjut kepada kejadian yang menimpa Andrea Conti. Romagnoli merasa Banti sebagai wasit seharusnya memberikan pelanggaran dan memberikan hadiah penalti usai Conti dilanggar Emre Can.

Apa yang terjadi jelas membuat geram Romagnoli, karena protes dia tidak digubris oleh Banti yang seolah membiarkan semua itu, meski Romagnoli sudah meminta cek VAR.

“Wasit memberitahu saya bahwa tindakan saya dan pelanggaran itu tidak pantas masuk pengecekan VAR. Tapi, saya yakin bahwa kita harus melihatnya kembali. Kami tahu kualitas kami dan kami bisa melakukan lebih baik lagi,” tutup Romagnoli.