Viking Pro Jokowi – Ma’ruf, Ini Kata Ketua PSSI

By | 07/01/2019

Di tahun politik 2019 ini, publik Indonesia tentunya sedang di goreng dengan persiapan pencalonan Presiden baru tahun jabatan 2019 hingga 2024 mendatang. Dalam hal ini, narasi-narasi pun terjadi, termasuk bentuk dukungan dari suporter klub terbesar di Indonesia, Persib Bandung.

Melalui sumber terpercaya, pendukung Persib yang dikenal sebagai Viking tersebut mendeklarasikan bentuk dukungannya terhadap pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 1, Jokowi dan Ma’Ruf Amin. Deklarasi itu terjadi ketika mengunjungi rumah dari KH Ma’ruf Amin di Menteng, Jakarta.

“Secara struktural, Viking mendukung Jokowi-Maruf Amin,” demikian pernyataan resmi dari humas Viking, Derek, disadur dari Antara.

Ramainya masalah ini pun terdengar oleh ketua umum PSSI, Edy Rahmayadi. Melalui kapasitasnya, Edy pun menyebut bahwa dirinya tidak mempermasalahkannya, karena semua itu adalah hak kewarganegaraan, dan bukan kewenangan dari PSSI untuk ikut campur.

“Ya bebas saja silakan. Bukan ranah PSSI untuk berbicara itu,” ujar Edy di Hotel Sultan, Jakarta, yang juga menjabat sebagai gubernur Sulawesi tersebut.

Edy menambahkan jika sah-sah saja bila suporter memberikan dukungan kepada salah satu pasangan. Namun, pria berusia 57 tahun ini menegaskan PSSI dalam hal ini bersih dari campur tangan politik, dan fokus hanya untuk kebangkitan sepak bola Indonesia.

“Ya silakan saja. Tapi saya yakin PSSI ini bukan urusan politik ya. Yakinkan PSSI masih banyak yang kita harapkan untuk jadi juara dulu. Apa itu Pilpres, Pileg, PSSI ini adalah persatuan sepak bola seluruh Indonesia,” tutup Edy.

Jika merujuk pada momen ramai sebelumnya, desakan mudur yang diterima oleh Edy pun seakan hilang ditelan bumi, dan buktinya sampai saat ini, Edy masih di percaya menjabat sebagai ketua umum PSSI.